Pulau Padar Labuan Bajo Nusa Tenggara Timur

Pulau Padar, adalah salah satu pulau di Kawasan Taman Nasional Komodo yang belakangan ini semakin ngehits dan banyak wisatawan datang ke lokasi tersebut,Buat yang belum tahu, Ayo siapa yang tidak tahu eksistensi Pulau Padar yang belakangan ramai dibicarakan di social media dan sering tayang di TV swasta.

Pulau ini merupakan pulau terbesar ketiga yang yang merupakan Kawasan Taman Nasional Komodo setelah Pulau Komodo dan Pulau Rinca, awal mulanya pulau padar kurang di kenal oleh para wisatawan, karena sebelum terkenal biasanya wisatawan berkunjung ke destinasi yang sudah terkenal sebelumnya seperti pulau komodo, Wae Rebo dan beberapa destinasi di Flores lainnya jauh lebih banyak disebut-sebut.setelah mulai dikenal di kawasan wisatawan dan ramai di bicarakan di internet dan pada akhirnya pulau padar menjadi destinasi yang wajib dikunjungi oleh para wisatawan karena memiliki pemandangan yang memukau dan bisa eksis di sosial media.

Nama dan kecantikan pemandangan pulau ini sering muncul di internet yang salah satunya sering muncul di facebook dan instagram, dan mulai banyak disebut, nama Pulau Padar sekarang ini kian naik daun. Bahkan sepertinya hampir setiap orang yang berkunjung ke Flores, pasti berkeinginan untuk mengabadikan diri di salah satu puncak bukit Pulau Padar. Walaupun lokasi Pulau Padar ini cukup jauh dari Labuan Bajo, itu nggak menghentikan niat orang-orang untuk menikmati keindahannya, rasa capek akan terbayar ketika sampai di sana.

 Pulau ini letaknya juga tidak jauh dari Pulau Rinca yang hanya dipisahkan oleh Selat Lintah. Apabila kamu ingin menuju pulau padar dari lokasi Pink Beach bisa dengan naik speed boat sendiri yang akan memerlukan waktu sekitar 40 menit saja. Jauh lebih cepat jika dibandingkan dengan berangkat dari Labuan Bajo yang akan memakan waktu 2-3 jam.

Apabila kamu ingin menikmati pemandangan pulau padar kamu harus trekking terlebuh dahulu untuk menuju puncaknya, jadi kamu harus membawa sepatu yang bisa di andalkan untuk trekking ke atas puncak. Pulau ini juga masih termasuk ke dalam Situs Warisan Dunia UNESCO bersama dengan Pulau Komodo, Pulau Rinca dan Gili Motang. Daya tarik utama dari Pulau Padar adalah pemandangan lansekap dari bukitnya yang begitu menawan.

Namun perlu diingat, perlu persiapan fisik dan mental ketika berkunjung ke pulau ini. Soalnya untuk menuju puncak pulau ini memerlukan perjuangan yang tidak gampang. Dari tempat bersandar perahu saja, hingga menuju puncak bukit di Pulau Padar memerlukan waktu kira-kira 40 menit trekking (tergantung kecepatan trekking)karena lumayan jauh untuk menuju lokasi.

Perlu diingat ketika trekking ke atas bukit tidak ada tangga atau tali pengaman di jalur menuju puncak bukit Gili Padar. Jadi sebaiknya ketika trekking menuju puncak pulau Padar harus dilakukan dengan sangat berhati-hati.

Perlu diingatkan lagi bahwa untuk menuju ke bukit  Pulau Padar jangan gunakan sandal, Gunakan sepatu kalau bisas sepatu khusus untuk trekking supaya tidak mudah terpleset, karena jalur menuju puncak Pulau Padar begitu licin dengan kemiringan tanjakan yang cukup ekstrim.