Taman Nasional Komodo di provinsi Nusa Tenggara Timur terkenal dengan keindahan pulau-pulau seperti Gili Laba, Gili Padar, serta dua pulau yang menjadi habitat satwa langka Komodo itu sendiri, Pulau Rinca dan Pulau Komodo.

Selain itu masih ada pantai dengan pasir berwarna merah muda di Pink Beach, Manta Point bagi mereka yang ingin diving dengan spesies laut berukuran lebar ini, serta pulau ubur-ubur yang dipenuhi hewan laut berbentuk payung yang tidak menyengat.

Tapi bagi B’timers yang hobi snorkeling atau sekedar menikmati pantai berpasir putih, satu tempat yang pantang untuk dilewatkan di kawasan Taman Nasional Komodo adalah Taka Makassar.

Taka Makassar merupakan sebuah gugusan yang terdiri dari beberapa pulau dengan ukuran kecil, beberapa di antaranya lebih kecil dari lapangan sepak bola dan bersifat “pasir timbul”, yaitu hanya muncul saat air laut surut.

Yap pulau ini ada di Flores, Nusa Tenggara Timur. Hamparan pasir putih agak ke pink tampak dari kejauhan ketika gue mengunjungi pulau ini.

. Pikiran awal itu Taka Makassar adalah spot untuk melihat Pari Manta eh ternyata gue salah. Jadi disini ada pulau pasir timbul yang keren buat sekedar foto-foto.

Selain kita bisa lihat penyu dan bisa juga loh snorkling di area pulau ini.
Kalau soal Indahnya? Pulau ini bener-bener manjain mata. Dari atas kapal gradasi beningnya laut aja udah keliatan. Jadi jangan lupa masukkin wishlist kalian ya kalau berkunjung ke labuan bajo untuk sekedar mampir ke Pulau ini.